NEWMONT BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN

Area Pertambangan Newmont Nusa Tenggara

formatnews - Mataram, 22/3 : Sekitar 20 aktivis Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nusa Tenggara Barat mendesak PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) yang beroperasi di Batu Hijau, Sumbawa Barat, bertanggung jawab terhadap kerusakan lingkungan.
Desakan tersebut disampaikan aktivis Walhi NTB Zaini dalam orasi bersama aktivis lainnya dengan mengenakan pakaian putih-putih saat berunjuk rasa di depan kantor PT NNT di Jalan Sriwijaya Mataram, Senin.
Unjuk rasa tersebut mendapat pengawalan cukup ketat dari aparat kepolisian setempat dibantu satuan pengamanan (satpam) PT NNT.
Pintu gerbang kantor PT NNT ditutup, sedangkan para satpam mebentuk pagar betis sambil mendapat penjagaan dari aparat kepolisian.
Para pengunjuk rasa tidak bisa menerobos masuk ke kantor PT NNT dan terpaksa menyampaikan orasi di depan kantor perusahaan yang menambang emas dan tembaga di Batu Hijau, Sumbawa Barat.
Sejumlah aktivis Walhi NTB secara bergiliran menyampaikan orasi yang menuntut Newmont bertangung jawab atas terjadinya kerusakan lingkungan di Pulau Sumbawa dan Lombok.
Zaini mengatakan Newmont harus bertanggung jawab atas berbagai kerusakan lingkungan hidup di daerah ini termasuk tercemarnya pantai di Tanjung Luar, Lombok Timur akibat pembuangan limbah tambang (tailing).
Nelayan di Lombok Timur terutama di Tanjung Luar kini hampir kehilangan mata pencarian karena tidak bisa lagi menangkap ikan di sekitar pantai. Para nelayan terpaksa melaut lebi ke tengah lagi.
"Tanjung Luar sebelumnya dikenal sebagai penghasil cumi-cumi terbanyak di NTB terutama untuk ekspor, namun kini tidak lagi karena cumi-cumi semakin langka," katanya.*ant*

0 komentar:

Copyright © 2013 OASISTALA Lombok Timur Design By TahesToFreedom - Freedom.Tech.